Shifting From Start Up To Corporate Entrepreneurship: Ajarkan Karyawan Berfikir Sampai Ke Impact
Meriza Hendri Jumat, 19 Januari 2024
Inkubator Bisnis Kadin Bandung : 5 kerangka berfikir impact jangka panjang, yang harus dibangun bersama karyawan.
SHIFTING FROM START UP TO CORPORATE ENTREPRENEURSHIP: BERORIENTASI PADA PERTUMBUHAN USAHA
SHIFTING FROM START UP TO CORPORATE ENTREPRENEURSHIP: BANGUN BUDAYA INOVASI DI PERUSAHAAN
Ketika memberikan pembelajaran kepada karyawan, yang paling penting adalah ketika mereka diajak untuk berfikir sampai ke dampak jangka panjang yang positif. Ini mungkin jarang sekali dilakukan oleh para founder untuk memberikan pemikiran bahwa berfikirlah sampai ke dampak positif jangka panjang yang akan memberikan value bagi perusahaan. Hal ini harus mulai ditekankan oleh setiap founder kepada karyawan.
Konsep dasar yang harus diperhatikan oleh founder adalah perusahaan itu memiliki kerangka berfikir jangka panjang yang diturunkan dalam bentuk ROAD MAP atau peta jalan, rencana strategis dan lain-lain yang menggambarkan bagaimana perusahaan mereka kedepannya. Tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan itu akan bertahan dalam jangka panjang.
Ada beberapa konsep dasar yang harus mulai di pahami oleh setiap founder kepada karyawan mereka yaitu
1. Visi perusahaan
2. Tujuan jangka panjang
3. Tujuan jangka menengah
4. Tujuan jangka pendek
Semua konsep tersebut dijadikan dalam bentuk tujuan bisnis yang harus dicapai oleh manajemen perusahaan dan karyawan yaitu
1. Profit
2. People
3. Planet
4. Sustain
5. Growth
Inilah yang harus menjadi perhatian setiap founder untuk dimiliki oleh setiap karyawan dalam menjalankan bisnis setiap hari. Karyawan dituntut untuk bisa menjadi bagian dari upaya pencapai visi dan tujuan perusanaan. Apa yang harus menjadi perhatian? Bagaimana mereka juga berfikir untuk bisa membuat setiap keputusan itu sampai ke impact atau dampak positif dalam jangka panjang.
Tidak semua orang paham dengan konsep ini akan tetapi menjadi sangat penting setiap karyawan menjalankan konsep ini untuk pencapai tujuan perusahaan dan optimasi keberadaan mereka di perusahaan saat ini dan yangn akan datang.
Impact merupakan dampak dari setiap keputusan yang dibuat oleh karyawan dan dampak yang diharapkan adalah dampak positif tentunya. Dampak yang bisa berkontribusi secara optimal pencapaian visi perusahaan, tujuan jangka panjang, menengah dan pendek perusahaan yang diturunkan dalam bentuk profit, people, planet, sustain dan growth.
Nah, apa esensi dari berfikir impact ini untuk bisa dikembangkan dalam diri setiap karyawan dalam perusahaan?
1. Jelaskan kerangka berfikir jangka panjang perusahaan kepada setiap karyawan. Mereka perlu tahu grand design perusahaan untuk lima sampai sepuluh tahun kedepan. Penting sekali buat founder memberikan pengetahuan kepada karyawan tentang hal ini untuk bisa memberikan pemahaman yang sama kepada karyawan.
2. Berikan keterampilan dalam berfikir sistem khususnya sampai ke pada impact. Keterampilan ini menjadi penting karena karyawan dituntut untuk bisa berfikir sampai ke impact yang positif bagi perusahaan.
3. Berikan contoh keputusan yang memberikan impact negatif untuk perusahaan dengan tujuan agar karyawan memiliki kesadaran yang kuat untuk berfikir sampai ke impact tersebut.
4. Berikan contoh keputusan yang memberikan impact positif bagi perusahaan dan menjadi motavasi bagi karyawan dalam berfikir sistem.
5. Berikan coaching dan mentoring bagi mereka sehingga karyawan akan terus bisa berfikir sampai ke impact untuk kepentingan perusahaan. Mentoring menjadi alat untuk bisa membangun kesadaran bagi mereka.