Achmad Soegiarto (Chief Strategy Officer-Kalla Group) : Sustainability Leaders for Positive Workplace Culture

K-Lite FM Bandung,- Awal pemaparan dari diskusi santai yang dilakukan di studio Klite bersama Achmad Soegiarto (Chief Strategy Officer-Kalla Group), tercermin bahwa saat ini setiap perusahaan harus adaptif terhadap perubahan. Bagaimana caranya, yah harus kolaborasi, harus membangun ekosistem, membangun sinergi. Harus tercipta skeptif market, agar perusahaan tetap bertahan. Anton, begitu panggilan akrab Achmad Soegiarto, mencontohkan radio K.lite, sebagai media, harus punya peran dalam masyarakat, harus menciptakan simphony, keharmonisan dengan pendengar dan lembaga lain, untuk saling membantu.

Anto menyebutkan keberhasilan sebuah perusahaan, bukan saja ditentuka oleh seorang pemimpin, tetapi juga peran seluruh tim dalam mencapai target. Namun seorang pemimpin berada diposisi terdepan dalam mentukan stategi. Menurut beliau jika kita membaca teori kepemimpinan, yang banyak dan perlu diterjemahkan pada masing-masing kebijakan. Maka Anto menyebutkan secara singkat, tahun 2023 hingga 2024, merupakan tahun ujian, jika sebuah perusahaan bisa bertahan melewati 2024, itu sudah menunjukkan kualitas pemimpin.

Achmad Soegiarto, yang pernah menjabat Director of Strategic Portfolio Telkom Indonesia dan sekarang menjabat CEO Kala Goup dan juga mendapat Styalencana Wirakarya RI (tahun 2016), berpesan kita harus mempersiapkan startup-startup sebagai generasi yang akan mengawal Indonesia ke tahun 2045. Sehingga bonus demografi yang sering digemborkan, menjadi kenyataan, Indonesia kaya dengan inovasi-inovasi, yang mengalahkan inovasi dari luar. 

Membangun ekosistem bisnis, merupakan langkah menuju terciptanya skeptif market. Sehingga cara lama harus dimodifikasi, agar produk atau jasa, atau Klite sebagai media, dibutuhkan oleh konsumen, atau masyarakat atau pendengar. Achmad Soegiarto, menjadi tamu talkshow santai Sabtu pagi, karena  beliau ingin Radio Klite, maju. Semua perusahaan pernah memiliki raport merah, tapi harus dilihat juga growth story nya, agar tau dimana perlu dikurangi, dimana perlu ditambah.