INTERNATIONAL SEMINAR “GREEN PHARMACY 2022”

K-LITE FM,- Dalam rangka lustrum ke 15/ Ulang Tahun ke-75, Sekolah Farmasi ITB mengadakan serangkaian acara, baik ilmiah, sosial dan pengabdian masyarakat. Salah satu kegiatan puncak adalah seminar bertajuk “Green Pharmacy: From innovation Towards Development and Application for The Bright Future”.

Green Pharmacy dipahami sebagai konsep pengembangan dan pelaksanaan ilmu, riset, praktek dan industri farmasi yang memiliki wawasan ramah lingkungan. Seminar ini diikuti oleh berbagai pihak baik dari akademisi, peneliti, praktisi, maupun profesi yang mendukung pengembangan dan pemanfaatan produk farmasi, mencakup : bahan dan sediaan obat, kosmetik, dan pangan nutrasetikal.

Kesemuanya diharapkan dapat dikembangkan selarasĀ  dengan kelestarian alam untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit dan berbagai infeksi termasuk COVID 19 akibat ketidakseimbangan lingkungan dunia, global warming, mutasi genetik, virus dan bakteri. Kepanitiaan Seminar ini diketuai oleh Dr. apt. Ilma Nugrahani, M.Si. serta dibuka oleh sambutan dari Wakil Rektor ITB Prof.Dr.Ir. Jaka Sembiring. M.Eng. dan Dekan Sekolah Farmasi ITB Prof. I Ketut Adnyana, M.Si. Dua pejabat tinggi negara diundang sebagai pembicara kunci seminar yakni Kepala BRIN, Prof.Dr.Agus Haryono, M.Sc. dan Menteri Kesehatan yang diwakili oleh Direktur Jendral Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Dr.Dra.Lucia Rizka Andalucia, apt.M.Pharm, Pharmacy.

Selain itu seminar ini memfasilitasi peserta online dan dihadiri peserta dari negara lain seperti Inggris, Belanda, Slovenia, Thailand, Jepang dan korea. Acara ilmiah ini tetap diberi sentuhan tradisional dalam Tarian pembuka Rampak Gendang. Seminar dilangsungkan selama 2 hari, pada 11 dan 12 Oktober 2022 di Hotel Harris Ciumbuleuit Bandung. Acara seminar akan ditutup oleh Ketua Lustrum, Dr.apt. Muhamad Insanu, S.Si. serta pengumuman lomba