K-LITE FM,- Kita harus menyikapi Disrupsi Media saat ini, secara bijak. Satu sisi, media sosial akan dengan cepat menyebar dan sampai pada masyarakat, disisi lain konten atau isi informasi terkadang jauh dari harapan. Media mainstream, harus memainkan peran sebagai kontrol dan memberikan informasi yang baik, jujur dan berkualitas. Ini memang perlu kerja keras dari seluruh masyarakat dan para pengelola media mainstream.

Itu bagian dari isi dialog santai sohe hari, di Program Daily (Media Informasi dan Literasi) di Radio Klite, Selasa 11 Oktober 2022, pukul 16.15 hingga 17.30. Hadir wartawan Senior Deni Yudiawan, yang jika dilihat perjalanan kariernya sangat banyak dan panjang. Selain itu Kang Deni, panggilan akrabnya, juga sebagai pengajar di beberapa perguruan tinggi swasta di Bandung. Pembicaraan semakin menarik, karena ada juga lawan main nya, Tendy K Soemantri, yang mewakili komunitas Literasi, Beelit, yang sama-sama berprofesi wartawan senior.

Kang Deni memberikan wawasan pada kita, tentang literasi. Literasi untuk saat ini wajib dipahami oleh semua masyarakat, jika ingin meningkatkan kualitas sebagai pribadi yang unggul. Kita sebagai orang yang berprofesi dibidang media mainstream, tidak bisa meninggalkan dunia medson yang semrawut ini, bahkan kita harus ikut masuk ke dalamnya, memberikan pengaruh yang baik bagi masyarakat.

Pelajaran Literasi juga disampaikan Kang Tendi, dari komunitas Literasi, bahwa sebagai wartawan, tidak boleh mengatakan tiba-tiba, dalam sebuah liputan atau berita, karena seorang wartawan harus mengetahui proses terjadinya suatu berita atau kejadian. Artinya seorang wartawan atau kita yang masuk dalam citizen journalism, perlu belajar memahami 5w 1H, agar kita pun bisa memberikan informasi yang baik, dalam bentuk tulisan maupun isi berita atau informaasi yang akan di share.

Terakhir Kang Deni menyampaikan pesan, “agar kita selalu memeriksa kembali informasi yang kita baca, untuk mengetahui kebenarannya”, lanjut Kang Deni, “sangat mudah, googling, cari informasi yang sama di media mainstream, atau bahkan sekarang kita bisa mengetahui, jika berita itu hoax atau benar, silakan kunjungi situs kominfo.go.id.