Andrea Dovizioso Dinobatkan Jadi Legenda MotoGP di Balapan GP Italia 2023

K-LITE FM BANDUNG,- Setelah melewati karier yang panjang di dunia balap motor, Andrea Dovizioso bakal dinobatkan menjadi legenda MotoGP pada 2023 ini. Pembalap asal Italia itu pun mengaku senang sekaligus terkejut bisa mendapatkan penghargaan itu.

Penghargaan tersebut akan membuat Dovi –sapaan Dovizioso- masuk ke dalam Hall of Fame MotoGP yang upacara penobatannya bakal dilakukan dalam balapan GP Italia 2023 di Sirkuit Mugello mendatang. Selain dirinya, mantan pembalap di era motor 50cc asal Jerman, Hans-Georg Ansheidt, juga akan mendapatkannya dalam balapan GP Jerman 2023 di Sachsenring.

“Andrea Dovizioso dan Hans-Georg Anscheidt masing-masing akan dinobatkan sebagai Legenda MotoGP pada tahun 2023. Pembalap Italia Dovizioso akan dilantik ke dalam Hall of Fame di Mugello dan pembalap Jerman Anscheidt di Sachsenring, masing-masing mengambil tempat di buku Legenda!” tulis pernyataan MotoGP di laman resmi mereka, Rabu (15/2/2023).

Dovizioso sendiri merupakan juara Grand Prix 125 cc pada musim 2004 lalu. Dia menjadi penantang yang konsisten di kelas 250 cc sebelum akhirnya melakukan debut di MotoGP pada 2008 silam.

Rider kelahiran 23 Maret 1986 itu pun langsung mendapat podium pertamanya di kelas utama saat masih menjadi rookie. Pada musim berikutnya, dia pun sukses meraih kemenangan pertamanya di MotoGP hingga akhirnya cabut dari Repsol Honda pada musim 2011.

Semusim berikutnya, Dovi bergabung dengan Yamaha Tech3 di mana dia kembali mengoleksi sejumlah podium hingga kemudian memutuskan untuk bergabung dengan tim pabrikan Ducati pada musim 2013. Bersama tim pabrikan Borgo Panigale, Dovi menjalani masa-masa terbaiknya di MotoGP di mana dia mendapatkan dua podium di musim 2014, lima podium di musim 2015 dan 2016.

Selain itu, Dovi juga menyabet 12 kemenangan hanya dalam tiga musim dalam periode 2017 hingga 2019. Pada periode itu pula lah, dia menjadi runner up MotoGP tiga kali di bawah jagoan Repsol Honda, Marc Marquez. Kemenangan terakhirnya di kelas utama pun terjadi di GP Austria 2020 lalu.

Setelah itu, pembalap kelahiran Forlimpopoli itu sempat pensiun sebentar hingga akhirnya berkompetisi lagi di akhir tahun 2021 bersama tim satelit Yamaha hingga akhirnya dia benar-benar menutup kariernya di MotoGP setelah balapan di Misano pada akhir musim 2022 lalu. Meski tak pernah juara di kelas utama, bisa dibilang dia merupakan salah satu pembalap paling konsisten di MotoGP sehingga pantas disebut sebagai seorang legenda.

Dovi pun mengaku sangat senang sekaligus terkejut bisa mendapatkan status sebagai legenda MotoGP. Dia tak sabar untuk segera menjalani upacara penobatannya di Mugello nanti.

“Saya menantikan untuk kembali ke paddock untuk berkunjung, dan dilantik di Grand Prix Italia membuatnya sangat istimewa. Saya terkejut dan sangat senang, senang menjadi Legenda MotoGP. Jadi, terima kasih banyak!” kata Dovizioso.