Tangguh Betul Pertahanan Barcelona, Kini di Ambang Rekor

K-LITE FM BANDUNG,- Sukses Barcelona memimpin persaingan LaLiga salah satunya karena faktor lini pertahanan. Barisan belakang Blaugrana tangguh betul, dan kini di ambang rekor!
Barcelona kini memimpin klasemen Liga Spanyol dengan 56 poin dari 21 laga. Anak asuh Xavi Hernandez meraih 18 kemenangan, dua kali imbang, dan baru sekali kalah.

Barcelona kini mengungguli Real Madrid, yang baru mengoleksi 45 poin dari 20 laga. Selain tampil dominan dari segi kemenangan, Barcelona juga cukup tangguh di tiap pertandingan.

Keberadaan kuartet Jules Kounde, Andreas Christensen, Ronald Araujo, dan Alejandro Balde membuat barisan belakang Barcelona cukup aman. Ditambah, gemilangnya penampilan Marc-Andre Ter Stegen, membuat gawang Barcelona sulit dibobol.

Hingga saat ini, Barcelona baru 7 kali kebobolan dari 21 laga. Tujuh gol itu berasal dari lima pertandingan, dengan tiga gol di antaranya terjadi saat kalah 1-3 dari Real Madrid, Oktober lalu.

Sisanya, Barcelona kebobolan saat menang 4-1 atas Real Sociedad di awal musim, menang 2-1 atas Osasuna November lalu, ditahan Espanyol 1-1 usai jeda Piala Dunia 2022, dan saat mengalahkan Real Betis 2-1 awal Februari.

Rasio kebobolan Barcelona saat ini cuma 0,33 gol per laga. Dengan catatan ini, Barcelona berpeluang mematahkan rekor milik Deportivo La Coruna.

Deportivo pernah mencatat 7 kebobolan dari 21 laga pada musim 1993/1994. Di pertandingan ke-22, Deportivo kalah 0-2.

Barcelona bisa menggeser Deportivo sebagai tim dengan pertahanan terbaik di Liga Spanyol, saat melawan Cadiz, Senin (20/2) nanti. Jika pun kalah 0-1, Frenkie de Jong dkk akan tercatat baru 8 kali kebobolan dari 22 laga.

Sejauh ini, rekor kebobolan paling sedikit juga masih dipegang Deportivo pada musim 1993/1994, saat menyudahi musim dengan 18 kali kebobolan. Torehan yang sama dicatat Atletico Madrid pada musim 2015/2016 di bawah pelatih Diego Simeone.

Mengingat baru 7 kali kemasukan, jumlah kebobolan paling sedikit bisa saja ditorehkan Barcelona di akhir musim. Terlebih, Ter Stegen juga sedang apik, dengan sudah membuat 15 clean sheet.