“Sustainable Competitive Advantage” Shifting From Start Up To Corporate Entrepreneurship
Meriza Hendri Senin, 01 April 2024
Rumah BUMN Cirebon Untuk peningkatan kemampuan berfikir strategic karyawan dalam kerangka shifting from start up to corporate entrepreneurs…
- SHIFTING TO CORPORATE ENTREPRENEURSHIP, FIRST WHO, THEN WHAT…….
- SHIFTING TO CORPORATE ENTREPRENEURSHIP, TALENT CULTIVATION
- SHIFTING TO CORPORATE ENTREPRENEURSHIP; TALENT MAPPING KARYAWAN
Untuk peningkatan kemampuan berfikir strategic karyawan dalam kerangka shifting from start up to corporate entrepreneurship, konsep Sustainable Competitive Advantage menjadi penting untuk selalu disampaikan kepada mereka dan membuat mereka paham. Perlu diperhatikan bahwa hakekatnya mereka adalah bagaimana bisa membantu founder untuk mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan menjadi penting.
Seringkali ditanya karyawan tentang pandangan mereka terhadap posisi perusahaan dan mereka tidak tau dimana dan bagaimana posisi perusahaan dipasar dibandingkan dengan pesaing. Sungguh miris sekali karena ini membuat mereka apatis dengan kondisi perusahaan. Sementara, salah satu kerangka berfikir stratejik yang harus dipahami dan dimiliki karyawan adalah sejauh mana mereka paham posisi perusahaan dipasar, bisa sama dengan pesaing, dibawah atau bahkan diatas pesaing.
Tentu yang menjadi targetnya adalah bagaimana posisi perusahaan dipasar tersebut diatas pesaing dan inilah yang disebut keunggulan bersaing dalam konteks salah satunya market share, mindshare, heart share yang dibanding pesaing. Posisi ini yang dikejar oleh perusahaan dan sejatinya karyawan memahami akan hal ini. Tidak hanya bekerja seperti biasa dengan mengerjakan pekerjaan rutin yang dilakukan sehari-hari oleh karyawan,.
Selesai? Belum karena sejatinya, keunggulan bersaing tersebut harus berkelanjutan karena tidak hanya dalam hitungan tahun ini saja, akan tetapi juga hitungan beberapa tahun kedepan serta bahkan selamanya. Konteks keunggulan bersaing yang berkelanjutan ini sejatinya menjadi kunci dalam berfikir stratejik bagi setiap karyawan dalam bekerja di perusahaan dan membantu founder dan manajemen untuk mencapainya setiap saat.
Oleh karena itu, setiap karyawan perlu memiliki pemahaman yang sama akan SCA ini atau sustainable competitive advantage ini yang memang menjadi titip kunci untuk bisa mencapai kinerja bisnis yang ditargetkan oleh manajemen perusahaan atau bahkan pemilik peruahaan. Pemahaman yang mendalam akan SCA menjadi sebuah kebutuhan dan harus benar-benar dicapai bersama-sama antara manajemen dan karyawan.
Setelah pemahaman yang mendalam tentang SCA, karyawan perlu mendapatkan pemahaman tentang bagaimana strategi manajemen dalam pencapaian SCA. Penting untuk karyawan memiliki pemahaman akan strategi perusahaan dengan baik sehingga mereka menjadi bagian dari pelaksanaan strategi tersebut untuk bisa berkontribusi optimal. Apakah strategi yang dipilih oleh founder dalam mencapai SCA tersebut penting untuk dipahami, apakah strategi kompetititf, strategi kolaboratif, strategi koopetitif dan lain-lain sesuai dengan analisis yang sudah dilakukan oleh founder dan manajemen.
Demikian juga dengan program dalam konteks menjalankan strategi perusahaan yang akan dijalankan oleh manajemen dan founder perusahaan. Penting untuk menjelaskan program-program Pemasaran, operasi, sumber daya manusia, keuangan, digitalisasi, inovasi, manajemen resiko sampai dengan manajemen krisis yang akan dijalankan. Karyawan perlu mendapatkan gambaran besar dari program perusahaan. Yang terakhir adalah bagaimana founder melakukan evaluasi atas capaian tujuan perusahaan melalui strategi dan program yang sudah ditetapkan sehingga karyawan dapat memahami arah besar dari perusahaan untuk mencapai SCA ini untuk kepentingan perusahaan ini dan yang akan datang. Keterlibatan karyawan dengan kemampuan berfikir mereka akan membuat founder terbantu untuk mencapai SCA tersebut.