Batu Ombak yang Unik di Australia

Klite-News–Di daerah Wheatbelt,  Australia barat dikenal sebagai tempat yang selalu ada ombak. Di dekat sebuah kota kecil dari berjarak 350 km dari kota Hyden dari arah selatan Perth, terdapat sebuah batu besar yang menyerupai sebuah ombak yang hendak menghantam  ke tanah setinggi 15m.

Anda mungkin  sudah tahu tentang jenis – jenis yang dapat ditemui di lautan seperti ombak meksiko, royal wave dan tidal wave. Namun bagaimana dengan batu yang berbentuk ombak? Batu ombak dipercaya terbentuk 2700 miliar tahun yang lalu (bahkan sebelum adanya dinosaurus) dan  jurang setinggi  110m itu juga dipercaya sebagai bagian utara dari sisa dari batu Hyden.

Batu hyden merupakan bukit yang terbentuk dari berbagai jenis granite porfiritik bertekstur, berbutir sedang dan kasar (batuan beku dengan kristal tertanam). Insekbergs terbentuk dari tindakan erosi dari angin dan air yang terbentuk ratusan miliar tahun yang lalu. Dan ombak batu yang beragam terbentuk dari  erosi batu halus yang menyebabkan terpotongnya bagian dasar, dan kiri yang mengandung sehingga menyerupai ombak.

Terdapat pola tegak lurus berwarna merah, coklat, kuning, abu yang menempel di batu. Pola tersebut disebabkan oleh hujan yang menghapus endapan kimia (besi oksida dan karbonat). Warna- warna ini membingkai seperti lukisan dan  menimbulkan ilusi seperti ombak. Saat berdiri di bawahnya, anda akan merasakan bahwa batu itu seolah – olah ombak yang siap menghantam.

Ada hal menarik lainnya yang terdapat di taman sekitar batu batu ombak, termasuk daerah King Rocks, the Hippo’s Yawn, the Humps dan gua Mulka. Berdasarkan legenda suku Aborigin, Mulka adalah seorang anak dari wanita yang jatuh cinta dengan seorang pria dan menikah secara terlarang. Pernikahan keduanya dibuahi seorang anak laki – laki yang lahir dengan kondisi mata juling.

Mulka tumbuh menjadi pria dewasa, namun kelainan mata yang dimilikinya membuat dia kesusahan  melempar tombak secara akurat sehingga dia tidak bisa berburu. Mereka menyebutnya “mulka yang mengerikan ”. Pria itu berubah  menjadi seseorang yang suka menangkap dan memakan anak – anak serta menjadi raksasa di wilayah itu. Dia tinggal disebuah bukit yang kini bernama bukit mulka, yang telapak tangannya masih bisa terlihat (cerita ini tidak direkomendasikan untuk cerita pengantar tidur, tapi bisa dijadikan untuk sekedar seru-seruan). Jika membahas tentang ombak, kamu mungkin tahu pada tahun 1914 Duke Kahanamoku dari Hawaii membawa selancar ke Australia ketika ia mengadakan pameran seluncur  ombak di Freshwater Beach di Sydney. Tapi tahukah Anda,Sekitar tiga juta orang Australia ikut serta dalam ombak ini setiap tahunnya.  Lalu,  gelombang selancar ombak terbesar yang pernah terjadi di Australia dilakukan oleh Damon Eastaugh yang berusia 43 tahun di dekat Margaret River pada bulan Juli 2006. Para juri memperkirakan tinggi gelombang tersebut antara 14,5 m dan 16m. Itu mendekati ketinggian Wave Rock.(JUL)